oleh

Mendikbud Keluarkan Aturan Tentang PPDB Tingkat SMA/SMK

-PENDIDIKAN-59 views

Bandung,cakrawalajabar.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 44 Tahun 2019. Peraturan tersebut berisi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada tingkat TK, SD, SMP, SMA, dan SMK.

PPDB SMA/SMK diatur dalam Permendikbud Bab II Pasal 7 yang mengatur tata cara persyaratan calon peserta didik baru kelas X SMA/SMK. Di antaranya, usia siswa paling tinggi 21 tahun tepat pada 1 Juli, mempunyai ijazah SMP/sederajat sebagai bukti telah menyelesaikan pendidikan sebelumnya.

Sedangkan bagi calon siswa SMK dengan keahlian, program keahlian atau kompetensi keahlian tertentu dapat menetapkan tambahan persyaratan khusus dalam penerimaan peserta didik baru kelas X.

Adapun syarat umum melanjutkan ke SMA, untuk pembuktian usia dilampirkan surat akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan pihak berwenang. Sedangkan bagi warga negara Indonesia (WNI) atau warga negara asing yang ingin mendaftar PPDB, selain harus memenuhi persyaratan di atas, juga wajib mendapatkan surat keterangan dari direktur jenderal yang menangani bidang pendidikan dasar dan menengah.

Tak hanya itu, peserta didik WNA wajib mengikuti matrikulasi pendidikan bahasa Indonesia paling singkat 6 bulan. Khusus bagi calon peserta didik penyandang disabilitas dikecualikan dari syarat usia dan ijazah atau dokumen lain.(Red)

Komentar